Verifikasi Faktual Balon Perseorangan Bakal Terhambat Jumlah PPL

712 views
Verifikasi Faktual Balon Perseorangan Bakal Terhambat Jumlah PPL.
Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Provinsi Lampung, Karno Ahmad Satarya, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (6/3/2020). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – VERIFIKASI faktual dukungan bakal calon perseorangan di Pilkada Bandarlampung dijadwalkan berlangsung pada 26 Maret-15 April 2020.

Verifikasi faktual dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) KPU bersama Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) Bawaslu Bandarlampung.

Sebanyak 887 calon anggota PPS telah mengikuti tes tertulis pada Rabu (4/3) lalu, saat ini memasuki tahapan pemeriksaan hasil tes tertulis 5-7 Maret, kemudian pengumuman 6 besar hasil tes tertulis di setiap kelurahan di 7-9 Maret.

“PPS ini dipersiapkan untuk penyelenggaraan tahapan pilkada di kelurahan, baik DPT maupun verifikasi faktual calon independen,” kata Anggota KPU Bandarlampung Divisi SDM, Hamami, Jumat (6/3/2020) di ruang kerjanya.

Tiga anggota PPS terpilih akan dilantik di 22 Maret, dan pada 26 Maret PPS sudah memulai tahapan verifikasi faktual di 126 kelurahan se-Bandarlampung, total anggota PPS yang dilibatkan 378 orang.

“Satu kelurahan ada 3 anggota PPS. Masing-masing PPS akan berjalan sendiri sesuai dengan berkas dukungan di kelurahan yang diberikan oleh KPU. Mereka yang akan melakukan verifikasi faktual,” ujarnya.

Sementara itu Koordinator Divisi Organisasi Bawaslu Provinsi Lampung, Karno Ahmad Satarya, mengatakan dalam rangka melakukan pengawasan terhadap tahapan verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan, jajaran Bawaslu telah melakukan seleksi anggota Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL).

Untuk 8 kabupaten/kota yang mengikuti Pilkada Serentak 2020, Bawaslu akan merekrut anggota PPL sebanyak 1.472 orang.

“Untuk Bandarlampung, Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) ini, jumlah pendaftar 314, dengan rincian 184 laki-laki dan 130 perempuan. Bawaslu Bandarlampung akan melantik 126 PPL untuk 126 kelurahan,” kata Karno.

Pendaftaran PPL di Bandarlampung sempat diperpanjang pada 27 Februari lalu untuk 2 kecamatan dan 5 kelurahan.

Kecamatan Tanjung Senang di Kelurahan Tanjungsenang, Pematangwangi, dan Perumahan Way Kandis. Kemudian Kecamatan Kedamaian di Kelurahan  Tanjunggading dan Kalibalok Kencana.

Baca juga:  Bawaslu Lampung : APK Pilkada 2020 Ramah Lingkungan

“Karena ada beberapa yang belum memenuhi syarat. Kita membutuhkan minimal 2 orang, satu untuk yang terpilih, dan satu lagi calon PAW-nya,” ujar mantan Anggota KPU Tanggamus ini.

PPL yang lulus seleksi akan diumumkan pada 12 Maret sementara pelantikan berlangsung 13-20 Maret di 8 kabupaten/kota yang mengikuti pilkada.

Satu anggota PPL bersama 3 PPS di setiap kelurahan secara bersama-sama akan melakukan verifikasi faktual.

Sebelumnya Koordinator Divisi Pengawasan Isakrdo P Panggar meminta jajarannya untuk melakukan verifikasi faktual secara menyeluruh, bukan sampling sebesar 20 persen.

“Kalau mau secara keseluruhan, pasukan kita kan terbatas juga,”  kata Karno.

“Kita akan berkoordinasi bersama teman-teman PPS kapan mereka akan melakukan verifikasi faktual, dengan adanya komunikasi ini kita bisa mendampingi atau mengawasi PPL kita langsung dengan dibantu Panwascam, mereka juga bisa melakukan  proses pengawasan ini,” tambahnya.

Dengan keterbatasan pengawas yang dimiliki, Bawaslu Lampung mengharapkan dukungan dari masyarakat dengan menyampaikan informasi yang dibutuhkan agar dapat ditindaklanjuti. (Josua)

Anggota PPL Pilkada 2020 Verifikasi Faktual

Posting Terkait

Tinggalkan pesan