Syarif Hidayat: Berikan dana biling kepada sekolah swasta

308 views

 

Syarif Hidayat: Berikan dana biling kepada sekolah swasta

Anggota Komisi IV DPRD Bandarlampung, Syarif Hidayat. Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG DALAM Diskusi Kopi dengan tema Mencermati Kebijakan Zonasi dan Bina Lingkungan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Elbiruni Kafe, Anggota DPRD Bandarlampung Syarif Hidayat berharap pemerintah mengapresiasi sekolah swasta yang telah turut serta memajukan dunia pendidikan.

Kegiatan diskusi yang berlangsungdi Kampung Baru, Senin (15/7/2019), diselenggarakan oleh KAMMI Bandarlampung dan diikuti puluhan mahasiswa ini juga mengupas tentang keluhan pihak sekolah swasta yang kekurangan murid.

Yang namanya pengelolaan sekolah ini juga ada peran swasta. Coba lihat sebelum ada sekolah negeri, yang hebatnya kan sekolah swasta, seperti Perguruan Taman Siswa. Ini yang harus diapresiasi oleh pemerintah, kata Syarif Hidayat.

Anggota Komisi IV DPRD Bandarlampung ini mengkritisi program pembangunan sekolah negeri oleh Wali Kota Herman HN.

Syarif Hidayat meminta Pemerintah Kota memberikan peluang yang sama kepada sekolah swasta untuk mendapatkan siswa baru.

Berikan dana bina lingkungan kepada sekolah swasta. Kemarin kita ketemu dengan teman-teman dari sekolah swasta, mereka minta jangan tutup peluang kami untuk mendapatkan siswa, ujarnya.

Pada April lalu, Herman HN membangunan 4 SMP Negeri, keempat SMP Negeri tersebut di antaranya SMPN 38 di Sukaraja,SMPN 39 di Waylaga, SMPN 40 di Citra Garden, dan SMPN 41 di Panjang.

Pembangunan SMPN yang baru dikhawatirkan mengurangi peluang sekolah swasta mendapatkan siswa.

Saya termasuk yang tidak setuju, tahu-tahu pemerintah daerah itu bikin SMP baru pada bulan April buat bulan Juli. Padahal itu melanggar Permendikbud Nomor 14 Tahun 2004 tentang Pembubaran, Penggabungan, dan Pembangunan sekolah baru, katanya.

Menurut Syarif Hidayat salah satu cara mengantisipasi sekolah swasta kekurangan siswa adalah dengan mengikutsertakan pihak sekolah dalam program bina lingkungan.

Harusnya jangan begitu, berikan bilingnya kepada sekolah swasta, mereka juga mau dapat uang sebanyak yang didapatkan sekolah negeri. Ya bayangin kalau satu sekolah enggak punya siswa, di bawah 60, dua kelas. Ya enggak bakalan bisalah. Jam mengajar gurunya enggak dapat, biayanya apalagi, pungkasnya. (*)

Dana Biling PPDB Zonasi Sekolah Swasta

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan