Sidang DKPP, 5 Komisioner KPU Lampung Timur Jadi Teradu

435 views

 

Sidang DKPP, 5 Komisioner KPU Lampung Timur Jadi Teradu

Ketua DPC Partai Gerindra Lampung Timur, Hendri Yulianto. Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memeriksa 5 komisioner KPU Lampung Timur dalam persidangan di Ruang Rapat Utama Polda Lampung, Kamis (4/7/2019).

Kelima komisioner KPU diadukan calon anggota DPRD Lampung Timur dari Partai Gerindra, Usman, dengan nomor perkara 140-PKE-DKPP/VI/2019. Usman memberikan kuasa kepada Alian Setiadi untuk menyiapkan alat bukti guna menghadapi sidang DKPP.

Usman menggugat KPU Lampung Timur karena meloloskan rekan separtainya pada pileg lalu, padahal rekannya tidak lolos verifikasi dalam pemberkasan parpol.

“Semua caleg wajib mendaftarkan bukti-bukti terkait proses verifikasi tersebut ke partai. Parpol melalui LO mendaftarkan secara teknis ke KPU,” kata Alian Setiadi di Polda Lampung, Kamis (4/7/2019).

Alian mengatakan ada 2 caleg dari Dapil 3 dan satu dari Dapil 4 yang jelas-jelas tidak lolos verifikasi partai tapi diloloskan oleh KPU.

“Nantinya bukti-bukti yang kami bawa pada persidangan hari ini, di DKPP, terkait verifikasi yang dilakukan partai,” ujarnya.

Sebelumnya, Bawaslu Lampung Timur telah menerima pengaduan dari Partai Gerindra dan menyatakan KPU Lampung Timur terbukti melakukan pelanggaran administrasi.

Alian Setiadi berharap Ketua Majelis DKPP Alfitra Salam yang memimpin jalannya persidangan akan memperkuat keputusan Bawaslu Lampung Timur dengan menganulir caleg Gerindra yang tak lolos verifikasi parpol.

“Saya berharap majelis DKPP bisa secara adil memutuskan perkara ini,” pungkasnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Lampung Timur, Hendri Yulianto,  yang mengahadiri jalannya persidangan mengaku sudah memberikan kesempatan kepada calegnya untuk melakukan perbaikan berkas hingga 31 Juli 2019 pukul 00.00 WIB.

Dan hingga tenggat waktu berakhir, perbaikan berkas tak kunjung dilakukan, namun 3 hari kemudian KPU Lampung Timur tetap menerima pendaftaran caleg.

Baca juga:  DKPP Berhentikan Ketua KPU Lampung Selatan dan Pesisir Barat

“Tiba-tiba 3 hari kemudian, tahu-tahu sudah lengkap, dan langsung ke KPU tidak melalui partai. Yang artinya partai sudah menganulir, tidak lengkap berarti tidak lolos secara partai. Tapi di KPU diloloskan,” kata Hendri. (*)

DPC Partai Gerindra Lampung Timur KPU Lampung Timur Sidang DKPP

Penulis: 
    author

    Posting Terkait