Pilrek Unila Digelar Sebelum Jokowi-Amin Dilantik

209 views

 

Pilrek Unila Digelar Sebelum Jokowi-Amin Dilantik

Ketua Panitia Kerja Pilrek Unila Prof Wan Abbas Zakaria di ruangan kerjanya, Selasa (8/10/2019). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – PEMILIHAN Rektor Universitas Lampung (Pilrek Unila) dijadwalkan berlangsung pada 17-18 Oktober 2019, sebelum pelantikan pasangan presiden terpilih Jokowi-Amin di 20 Oktober 2019 mendatang.

“Pemilihan rektor Unila digelar sebelum pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden RI. Insyaallah 17-18 Oktober paling telat, minggu depan harus sudah selesai semua,” kata Ketua Panja Pilrek Unila Prof Wan Abbas Zakaria di ruang kerjanya, Selasa (8/10/2019).

Pilrek Unila yang seharusnya berlangsung pada 29-30 September lalu, ditunda.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menunda pelaksanaan pilrek karena situasi nasional.

“Harapan kita begitu jadi tidak ada persoalan-persoalan yang lain. Unila tidak ada masalah, calon-calonnya bagus semua, dan memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Proses pilrek dipastikan berjalan sesuai tahapan, saat ini telah memasuki tahapan evaluasi rekam jejak ketiga calon rektor.

Rekam jejak atau track record ketiga calon rektor dievaluasi oleh tiga lembaga di antaranya Badan Intelijen Negara (BIN), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Jadi tinggal persoalan-persoalan yang terkait dengan isu-isu yang terakhir ini kan, jangan sampai terpapar radikalisme. Ketiga lembaga itu nanti yang akan memroses. Dan setiap lembaga prosesnya beda-beda,” katanya.

Hasil evaluasi ketiga lembaga tersebut akan dibahas dalam rapat pimpinan kementerian.

“Karena itu kami dari panitia diminta untuk menunda acara dari jadwal semula sampai dengan ada pemberitahuan tertulis dari kementerian. Nah karena itu kami sedang menunggu surat tertulis dari kementerian untuk bisa melakukan pemilihan rektor,” pungkasnya.

Pilrek Unila diikuti tiga calon rektor di antaranya Prof Bujang Rahman, Prof Aom Karomani, dan Prof Muhammad Kamal. (*)

Baca juga:  IKA Unila : Rektor baru jalin sinergisitas dengan alumni

Jokowi-Amin Pilrek Unila Universitas Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait