Nelayan Mudik Lebaran, Harga Ikan Bakal Naik

477 views

 

Nelayan Mudik Lebaran, Harga Ikan Bakal Naik

Kepala Dinas Perdagangan Bandarlampung, Adiansyah. Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – BERDASARKAN pantauan di Pasar Ikan Gudang Lelang, memasuki bulan Ramadan permintaan akan ikan semakin meningkat. Harga ikan daging giling jenis ikan Kiter selama Ramadan dijual sekitar Rp35.000 hingga Rp40.000/Kg.

Para pedagang mengatakan harga tersebut akan naik mendekati lebaran. Kenaikan harga ikan jelang lebaran disebabkan banyaknya nelayan yang mudik sehingga mengurangi pasokan ikan ke pedagang.

“Kalau sudah puasa itu naik semua, biasanya Rp40.000 sekarang Rp45.000. Bahkan hingga H-5 lebaran sudah naik semua. Ikan Kiter yang tadinya Rp35.000 naik jadi Rp40.000 atau Rp38.000. Semuanya mahal karena nelayannya sudah pada mudik semua,” kata Tika salah seorang pedagang, kemarin.

Untuk mengantispasi kenaikan harga ikan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung, Adiansyah, mengimbau masyarakat untuk menyimpan stok ikan.

“Kan mereka mau lebaran juga. Makanya kita harus stok sebelumnya pake freezer di rumah,” ujar Adiansyah di ruang kerjanya, Senin (13/5/2019).

Sementara itu, untuk harga bawang putih yang sempat merangkak naik kemarin, data Dinas Perdagangan per Senin (13/5/2019) menunjukkan adanya penurunan harga di kisaran Rp40.000 dan Rp45.000. Stok bawang putih hingga lebaran mendatang juga dipastikan aman.

“Kita sudah cek di semua pasar, harga bawang putih itu turun, walaupun masih ada satu dua tempat yang Rp50.000. Jadi bila dibandingkan dengan yang sebelum-sebelumnya ini relatif sudah turun,” kata Adiansyah.

Sebelumnya harga bawang putih di Bandarlampung mengalami peningkatan yang lumayan tajam karena ketiadaan barang. Hal ini disebabkan, Bandarlampung bukanlah sentra produksi bawang putih tapi bawang merah. Sehingga pemerintah mengimpor bawang putih dari Cina.

“Kita berharap sampai nanti menjelang lebaran stok bawang putih terus ada, baik dari distributor maupun yang ada di gudang,” pungkasnya. (*)

Baca juga:  Bazar Ramadan di Kantor Disdag Berlangsung 22 Mei-8 Juni 2018

Dinas Perdagangan Harga Ikan Mudik Lebaran

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan