Ketua KPU Lampung Utara Aprizal Ria Diperiksa KPK

157 views
Ketua KPU Lampung Utara Aprizal Ria Diperiksa KPK.
Kelima Komisioner KPU Lampung Utara. (net)

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – KETUA KPU Lampung Utara Aprizal Ria menjalani pemeriksaan oleh KPK, Jumat (24/1/2020), di Kantor BPKP Perwakilan Lampung.

Pemeriksaan berkaitan dengan kasus korupsi yang menyeret Bupati Non Aktif Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara.

Aprizal Ria dimintai keterangan sehubungan dengan rehab kantor KPU Lampung Utara pada tahun 2017 lalu.

Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami saat dihubungi membenarkan hal tersebut.

“Kita sudah komunikasi langsung dengan Aprizal Ria. Dia cuma ditanya masalah terkait ada rehab pembangunan di Kantor KPU Lampung Utara tahun 2017. Tapi bukan dia (KPU Lampung Utara_red) yang mengerjakan, itu dikerjakan pihak ketiga, rekanan,” kata Erwan.

Namun Erwan belum dapat mengonfirmasi apakah rehab gedung KPU Lampung Utara di 2017 lalu, dilakukan sebelum atau sesudah Pilkada.

Hasil Pilkada 2017 lalu, Agung Ilmu Mangkunegara ditetapkan sebagai Bupati Lampung Utara untuk kali kedua dengan Wakil Bupati Budi Utomo yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Lampung Utara.

Menurut Erwan Bustami, rehab kantor KPU Lampung Utara tidak menjadi masalah sepanjang untuk kepentingan kantor.

“Karena KPU Kab/Kota itu dalam rangka fasilitas itu kan bisa juga dibantu oleh pemerintah daerah, baik rehab gedung, hibah gedung, maupun pinjam pakai gedung,” ujarnya.

Sampai hari ini, lanjutnya, di Provinsi Lampung, hanya ada 2 gedung yang dibangun murni dari anggaran APBN, yaitu KPU Kota Bandarlampung dan Pringsewu.

Sementara Kantor KPU Provinsi Lampung, Kantor KPU Kabupaten Tanggamus, Way Kanan, Tulang Bawang merupakan hibah pemerintah setempat.

“Nah yang lain ada yang pinjam pakai dari Pemprov, seperti KPU Lampung Utara. Termasuk KPU Kota Metro pinjam pakai statusnya. Sementara sisanya masih sewa kantor,” katanya.

Baca juga:  Kampus Bebas Korupsi Jadi Kriteria Akreditasi Perguruan Tinggi

KPU Provinsi Lampung masih akan mempelajari keterkaitan Aprizal Ria dengan kasus korupsi yang menyangkut Agung Ilmu Mangkunegara.

Sepanjang pelaksanaan Pilkada 2017 lalu, Pilkada Lampung Utara berjalan aman.

“Sengketa di MK enggak ada, gugatan ke Bawaslu juga enggak ada,” ujarnya.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan KPK memeriksa Aprizal Ria bersama 5 saksi lainnya.

“Hari ini berlangsung pemeriksaan kepada 6 orang saksi sebagai bagian penyidikan untuk Agung Ilmu Mangkunegara,” kata Fikri.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Agung Ilmu Mangkunegara sebagai tersangka bersama orang kepercayaannya, Raden Syahril.

Kemudian Kadis PUPR Lampung Utara Syahbuddin, Kadis Perdagangan Lampung Utara Wan Hendri, serta dua pihak swasta Chandra Safari dan Hendra Wijaya Saleh. (Josua)

Agung Ilmu Mangkunegara KPK RI KPU Lampung Utara

Posting Terkait

Tinggalkan pesan