Harga Bawang Putih di Pasar Tugu Merangkak Naik

348 views

 

Harga Bawang Putih di Pasar Tugu Merangkak Naik

Pedagang Pasar Tugu Bandarlampung, Parti. Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – MEMASUKI bulan Ramadan 1440 H harga bawang putih mengalami peningkatan dibandingkan dengan kebutuhan pokok masyarakat seperti beras dan daging ayam potong.

Harga bawang putih di tingkat pengecer di Pasar Tugu sebelumnya dijual seharga Rp40.000/Kg, namun hari ini, Sabtu (11/5/2019) harga bawang putih merangkak naik hingga Rp50.000/Kg.

“Operasi pasar yang dilakukan pemerintah dengan membagikan bawang putih impor asal Cina tidak berpengaruh. Bawang putih asal Cina ini kurang diminati maka harga jualnya diturunin, kalau enggak diturunin nanti enggak enak. Makanya sekarang naik lagi Rp50.000,” kata Parti, salah seorang pedagang eceran di Pasar Tugu, Sabtu (11/5/2019).

Sebelumnya pada awal bulan Ramadan, bawang putih impor dari Cina disebar ke pedagang untuk menekan harga bawang putih yang mencapai Rp65.000/Kg.

Parti memprediksi kenaikan harga bawang putih juga akan mengalami kenaikan H-7 menjelang Idulfitri sebesar 50 persen.

“Tapi ya mudah-mudahan janganlah,” harapnya.

Sementara itu harga daging ayam potong di Pasar Tugu perkilogramnya dijual seharga Rp27.000/Kg, turun dari harga sebelumnya Rp30.000/Kg. “Sebentar lagi naik, seminggu menjelang lebaran,” kata pedagang ayam Pasar Tugu, Edo.

Kenaikan harga bawang putih yang merupakan salah satu bumbu wajib di dapur dikeluhkan salah seorang ibu rumah tangga, Tina.

Ibu rumah tangga ini mengatakan selama berbelanja di bulan Ramadan kenaikan harga bawang putih juga diimbangi dengan kenaikan harga komoditas seperti kentang.

“Dulu harga kentang di Pasar Gintung Cuma Rp8.000/Kg sekarang sudah Rp14.000/Kg. Bawang putih yang tadinya Rp30.000-Rp35.000 sekarang jadi mahal,” ujar Tina.

Tina berharap pemerintah dapat melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga-harga kebutuhan saat Ramadan dan menjelang lebaran. (*)

Baca juga:  Pedagang Takjil di Taman Gajah Bikin Macet

Harga Bawang Putih Pasar Tugu Ramadan 1440 H

Penulis: 
    author

    Posting Terkait