DKPP Berhentikan Ketua KPU Lampung Selatan dan Pesisir Barat

2972 views

 

DKPP Periksa Ketua KPU Lampung Selatan

DKPP periksa Ketua KPU Lampung Selatan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu perkara nomor 58-PKE-DKPP-IV/2019 di Kantor Bawaslu Provinsi Lampung, Sabtu (27/4/2019). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – DEWAN Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi pemberhentian kepada M Abdul Hafid dari jabatan Ketua dan Anggota KPU Lampung Selatan dan pemberhentian jabatan Ketua KPU Pesisir Barat, Yurlisman, pada Kamis (16/5/2019), atas dugaan pelanggaran kode etik.

Pemberhentian Yurlisman sebagai Ketua KPU Pesisir Barat berdasarkan Putusan Nomor: 37-PKE-DKPP/III/2019 dan 38-PKE-DKPP/III/2019.

Keputusan pemberhentian jabatan Anggota dan Ketua KPU Lampung Selatan M Abdul Hafid tertuang dalam salinan putusan Nomor: 58-PKE-DKPP/IV/2019 dengan pengadu Tarmizi seorang wiraswasta.

Bahwa Pengadu telah menyampaikan Pengaduan tertulis kepada DKPP dengan Pengaduan Nomor: 055-P/L-DKPP/III/2019 yang diregistrasi dengan Perkara Nomor: 58-PKE-DKPP/IV/2019 dan disampaikan secara lisan oleh Pengadu dalam Sidang DKPP yang pada pokoknya mendalilkan, bahwa pada tanggal 22 November 2018, saksi Aqrobin bersama salah seorang anggota PPK Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan menemui Ketua KPU Provinsi Lampung.

KPU Pesisir Barat Terindikasi Disuap Kader Demokrat?

Sidang Pemeriksaan DKPP dipimpin Prof DR Muhammad di Hotel Sheraton Bandarlampung, Selasa (19/3/2019). Foto: Buletin7.com

Pertemuan tersebut dalam rangka konsultasi mengenai laporan Panwas Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan kepada Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan terkait pelanggaran Pemilu yang dilakukan oleh Ketua PPK Rajabasa bersama beberapa Ketua PPS dengan jenis pelanggaran berupa pengondisian Caleg DPR RI dari Partai Demokrat atas nama Imer Darius.

Pengadu menyerahkan bukti foto berupa :

P-1 Photo pertemuan Saksi Aqrobin, AM, Ibu Handi Mulya Ningsing bersama Ketua KPU Propinsi Lampung dan anggota PPK Kecamatan Rajabasa, di Ruang Ketua KPU Propinsi Lampung;

  1. P-2 Foto Copy Surat Bawaslu Lampung Selatan Nomor: 001/TM/PL/Kab/08.04/XI/2018, tentang Status Terlapor;
  2. P-3 Kliping Koran Aksi Unjuk Rasa Tanggal 29 Nopember 2018.
Baca juga:  PPK di Pesisir Barat Diduga Tidak Netral

Berdasarkan pertimbangan dan kesimpulan, DKPP memutuskan :

  1. Mengabulkan Pengaduan Pengadu untuk sebagian;
  2. Menjatuhkan Sanksi Peringatan Keras dan Pemberhentian dari Jabatan Ketua kepada M. Abdul Hafid selaku Ketua merangkap Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Selatan sejak putusan dibacakan;
  3. Memerintahkan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia untuk melaksanakan putusan ini paling lama 7 (tujuh) hari sejak dibacakan; dan
  4. Memerintahkan Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia untuk mengawasi pelaksanaan Putusan ini.

Putusan Salinan DKPP atas KPU Lampung Selatan selengkapnya dapat dilihat di Salinan Putusan Nomor: 58-PKE-DKPP/IV/2019. 

Sementara untuk salinan putusan DKPP atas KPU Pesisir Barat dapat dilihat di Salinan Putusan Nomor: 37-PKE-DKPP/III/2019 dan 38-PKE-DKPP/III/2019.

Dua Putusan DKPP ini telah dibacakan bersama 23 Putusan lainnya di Ruang Sidang DKPP, Gedung Bawaslu RI lantai 5, Jalan MH Thamrin No 14,  Jakarta Pusat pada Kamis (16/5/2019) lalu sekira pukul 13.00 WIB.

DKPP Berhentikan Ketua KPU Lampung Selatan dan Pesisir Barat

Infografis Salinan Putusan DKPP. (net)

Menurut Kepala Biro Administrasi DKPP Bernad D Sutrisno, semua perkara yang akan diputus merupakan perkara-perkara telah diperiksa sebelumnya baik melalui sidang di tempat, Ruang Sidang DKPP Jakarta, sidang di daerah maupun sidang melalui video conference.

“Sidang putusan merupakan sidang terakhir atau final dari sebuah perkara yang telah diperiksa,” kata Bernad.

Sidang Putusan DKPP dapat disaksikan langsung oleh masyarakat melalui live streaming Facebook DKPP: www.facebook.com/medsosdkpp/.

“Ini merupakan bentuk transparansi dari DKPP terhadap proses persidangan kode etik penyelenggara Pemilu,” ujarnya. (*)

KPU Lampung Selatan KPU Pesisir Barat Sidang DKPP

Penulis: 
    author

    Posting Terkait