Chusnunia Chalim Minta Pendidikan Berjaya Hadapi Industri 4.0

338 views

 

Chusnunia Chalim Minta Pendidikan Berjaya Hadapi Industri 4.0

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (tengah) didampingi Kadisdikbud Lampung Sulpakar (kanan) membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tingkat SMA/SMK se-Lampung di GSG UNILA, Senin (15/7/2019). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG WAKIL Gubernur Lampung Chusnunia Chalim meminta pendidikan di Lampung harus berjaya dengan melahirkan manusia-manusia tangguh yang mampu menghadapi industri 4.0.

Menurut mantan Bupati Lampung Timur tersebut, pendidikan berjaya akan terwujud dengan mengembangkan tiga komponen utama, di antaranya adalah karakter dan akhlak, kompetensi dalam kreatifitas, serta keterbukaan wawasan lewat literasi.

Ketiga komponen tersebut akan mendukung terwujudnya Lampung Berjaya melalui pendidikan.

Saat ini, perubahan arus informasi luar biasa. Dengan literasi diharapkan dapat mencari informasi yang utuh dan penuh, melalui baca buku atau literasi lainnya. Cukup berbahaya jika mendapatkan informasi yang tidak utuh, kata Nunik sapaan akrabnya ketika membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Tingkat SMA/SMK se-Lampung di GSG UNILA, Senin (15/10/2019).

Tahun Pelajaran 2019-2020 para pelajar diharapkan dapat meraih cita-cita dengan mengedepankan akhlak di samping kemampuan yang diajarkan oleh sekolah.

Apalagi kemajuan teknologi 4.0 saat ini menuntut pelajar mampu membagi waktu menggunakan gadget dan membutuhkan pendampingan dari orangtua.

Tidak menyerahkan semuanya ke pendidik, karena dengan pendidik hanya beberapa jam saja, sisanya dengan lingkungan terdekat seperti keluarga, ujarnya.

Saya optimis Provinsi Lampung 10 sampai 20 tahun ke depan akan lebih maju di tangan mereka, lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar menyampaikan, tahun ini jumlah kelulusan SMP/MTs sebanyak 133.102 siswa, yang diterima di SMA dan SMK Negeri berjumlah 61.143 siswa.

Sehingga diperkirakan 71.959 siswa mendaftar dan masuk di SMA/SMK swasta atau di MA negeri/swasta di Lampung dan luar daerah.

Kegiatan MPLS diikuti 3.000 siswa perwakilan pelajar SMK/SMK dan melibatkan Polda Lampung, BNN Provinsi, dan Kejati Lampung, guna memberi materi soal pencegahan korupsi, bahaya narkoba, bulying, dan UU ITE. (*)

Industri 4.0 MPLS Pendidikan Berjaya

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan