CCC Lampung Dampingi 38 Anak Korban Eksploitasi Seks

235 views
CCC Lampung Dampingi 38 Anak Korban Eksploitasi Seks.
Diskusi Children Crisis Centre Lampung bersama AJI Bandarlampung dan awak media tentang korban eksploitasi seks komersial anak (ESKA) di Embun Coffee pada Sabtu (7/3/2020) malam. Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – CHILDREN Crisis Centre Lampung (CCC) mendampingi sedikitnya 38 korban eksploitasi seks komersial anak (ESKA) sepanjang 2017-2019.

CCC Lampung memberikan pendampingan terhadap ke-38 anak tersebut lewat Program Peduli.

Ketua Harian CCC Lampung Syarifuddin mengkhawatirkan jumlah tersebut akan bertambah mengingat banyak kasus yang tidak terekspos ke publik.

“Anak-anak yang menjadi korban eksploitasi seksual komersial tidak mau mengungkap kasusnya karena takut dipidana,” kata Syarifuddin dalam sebuah diskusi.

Diskusi berlangsung di Embun Coffee pada Sabtu (7/3/2020) malam bersama AJI Bandarlampung dan awak media.

CCC Lampung menguraikan beberapa faktor penyebab korban ESKA di antaranya kemiskinan, gaya hidup, disharmoni keluarga, dan perlakuan kekerasan seksual yang pernah dialami anak.

Sejauh ini belum ada regulasi yang mampu menjerat para pengguna anak yang dilacurkan.

Syafruddin berharap Pemkot Bandarlampung dapat memberikan pendampingan maksimal bagi korban ESKA melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

“Kami menginginkan dari Pemerintah Kota Bandarlampung ada upaya yang lebih maksimal, lebih peduli terhadap anak yang menjadi korban eksploitasi seksual, bukan cuma di komunitas kami di Panjang Selatan dan Way Lunik, tapi di seluruh wilayah Kota Bandarlampung,” ujarnya.

Sebagai generasi penerus bangsa, maka sudah sewajarnya anak-anak menjadi hal yang sangat penting untuk dilindungi sesegera mungkin oleh pemerintah.

“Jadi anak-anak itu tumbuh sama seperti anak-anak di wilayah lainnya,” tutupnya. (Josua)

Baca juga:  Pelatihan Cek Fakta Tangkal Penyebaran Berita Hoaks

AJI Bandarlampung Children Crisis Centre Lampung Eksploitasi Seks Komersial Anak

Posting Terkait

Tinggalkan pesan