Calon PPK Basuki Pernah Jadi Pengurus PAC PDIP

323 views
Calon PPK Basuki Pernah Jadi Pengurus PAC PDIP.
Ketua DPC PDI Perjuangan Bandarlampung Wiyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/2/2020). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG — KETUA DPC PDI Perjuangan Bandarlampung Wiyadi membenarkan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU setempat, atas nama Basuki dari Kecamatan Tanjungkarang Barat,  pernah menjadi pengurus PDIP.

“Yang di foto itu pengurus PAC PDIP semua,” kata Wiyadi saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/2/2020).

Bawaslu Bandarlampung melayangkan surat tanggapan dan masukan kepada KPU Bandarlampung, Rabu (5/2/2020) lalu.

Dalam surat tersebut, Bawaslu turut melampirkan foto Basuki yang mengenakan seragam partai moncong putih bersama dua rekannya dalam satu acara partai.

“Di foto itu tiga-tiganya pengurus PAC, PAC Tanjungkarang Barat, Telukbetung Utara, dan Sukarame. Tapi sekarang mereka bukan pengurus,” ujarnya.

Menurut Ketua DPRD Kota Bandarlampung ini, foto yang dilampirkan sebagai barang bukti oleh Bawaslu adalah foto lawas.

“Saya jadi pengurus PAC sudah 3 periode artinya 15 tahun, jadi Ketua DPC PDIP saya sudah setengah periode, artinya 15 ditambah 3 tahun sudah 18 tahun,” katanya.

Wiyadi yang telah menjabat Ketua DPRD Kota sejak 2015 lalu menegaskan, saat ini, nama Basuki tidak ada dalam struktural PDIP, baik di tingkat anak ranting, ranting, PAC, DPC.

Dirinya mengapresiasi kinerja Bawaslu yang menjalankan fungsi pengawasan dan berharap KPU juga profesional dalam melakukan seleksi calon PPK.

“Mereka menjalankan fungsi pengawasan, saya back up, saya dukung itu. Dan Kami dari partai juga tidak pernah merekomendasikan siapa-siapa untuk duduk di PPK, PPS, maupun Panwascam,” tutupnya.

Sementara dua calon PPK yang diduga memiliki keterlibatan dengan Partai Amanat Nasional (PAN), AM (Telukbetung Timur) dan EM (Telukbetung Barat), Ketua PAN Bandarlampung Wahyu Lesmono mengaku baru mengetahui.

“Saya baru dengar dari kamu. Itu harus dipastikan dulu pengurus partai di mana, provinsi, kota, atau kabupaten,” ujarnya saat dihubungi di sela-sela Kongres V PAN Kendari.

Baca juga:  PPK dan PPS Se-Bandarlampung Rakit Kotak Suara

Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi menyampaikan keempat calon PPK yang disinyalir terlibat parpol, telah melampirkan surat keterangan dari parpol masing-masing.

“Sejak awal mendaftar keempat calon ini melampirkan surat pernyataan dari parpol. Kalau yang dari PAN, salah satunya, ada SK-nya,” kata Dedy.

Untuk calon PPK atas nama MD (Kedaton) yang dari Perindo, lanjutnya, pernah menjadi pengurus Pemuda Perindo.

“Memang tidak masuk dalam struktur partai tapi kan jelas berafiliasi,” pungkasnya. (Josua)

KPU Bandarlampung Pilkada 2020 Rekrutmen PPK

Posting Terkait

Tinggalkan pesan