BPS Lampung Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

443 views
BPS Lampung Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020.
Kepala BPS Lampung Yeane Irmaningrum membuka acara Workshop Pemanfaatan Indikator Statistik untuk Wartawan 2019 di Lantai 3 Gedung BPS Lampung, Kamis (5/12/2019). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – BADAN Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung mengajak masyarakat Lampung untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020.

Sensus Penduduk 2020 berlangsung dalam dua tahapan, online dan manual. Sensus penduduk online berlangsung dari 15 Februari – 30 Maret 2020 dengan mengunjungi website : sensus.bps.go.id.

“Silahkan mengunjungi, semua bisa mengupdate datanya di situ,” kata Kabid Statistik Sosial BPS Lampung Mas’ud Rifai, Kamis (5/12/2019).

Sementara sensus manual berlangsung di Juli 2020 dengan melakukan wawancara pada warga.

“Sensus kita sangat menarik, karena ini sensus yang pertama dalam sejarah kita menggunakan daftar penduduk yang sudah ada. Daftar penduduk itu kami gunakan dari data Adminduk,” ujar Rifai.

Guna menyukseskan Sensus Penduduk 2020, BPS Provinsi Lampung menggandeng media untuk turut menyosialisasikan kegiatan cacah jiwa.

Sensus penduduk merupakan kegiatan yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali.

Sensus Penduduk 2020 sangat istimewa karena akan menggunakan data administrasi penduduk yang berasal dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar nasional.

Tujuan besar Sensus Penduduk 2020 adalah peningkatan kualitas data kependudukan, salah satunya melalui sinkronisasi data sensus dalam sistem administrasi kependudukan.

“Upaya ini menjadi langkah penting mewujudkan satu data kependudukan Indonesia,” kata Kepala BPS Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden RI Joko Widodo pada 16 Agustus lalu di Jakarta yang menyebutkan data adalah jenis kekayaan baru bangsa dan kedaulatan data harus diwujudkan. (*)

Baca juga:  Nilai Tukar Petani Lampung Terbaik Se-Sumatera

BPS Lampung Sensus Penduduk 2020

Posting Terkait

Tinggalkan pesan