Bawaslu Lampung Sensus Seluruh Dukungan Calon Perseorangan

163 views
Bawaslu Lampung Sensus Seluruh Dukungan Calon Perseorangan.
Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah memimpin Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pencalonan Pilwakot Bandarlampung 2020 di Hotel Grand Praba, Kamis (5/3/2020). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – BAWASLU Provinsi Lampung memerintahkan jajarannya untuk melakukan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan secara menyeluruh.

Verifikasi faktual dukungan calon perseorangan dilakukan dengan cara sensus, sesuai nama dan alamat, bersamaan dengan petugas dari KPU.

Verifikasi faktual ini dilakukan untuk memastikan setiap pemilik e-KTP benar-benar menyatakan dukungannya kepada pasangan calon.

“Aparat kita mengawasi langsung dari awal pendaftaran kemarin, verifikasi administrasi, dan nanti sampai di verifikasi faktual. Kita bertekad mengunjungi setiap rumah saat verifikasi faktual,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar di Kafe Tokopi Leipe Sukarame, Rabu (4/3/2020).

Bawaslu diberikan kewenangan untuk memverifikasi faktual dengan sampling sebesar 20 persen dari dukungan yang diserahkan ke KPU, namun Bawaslu Lampung memerintahkan jajarannya melakukan verifikasi faktual seluruh dukungan, by name by address.

“Kalau dilihat dari skema pengawasan verifikasi faktual, Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) kita itu sudah terbentuk. Jadi perangkat kita sampai di tingkat desa sudah ada,” ujar mantan Ketua KPU Way Kanan ini.

Berkas dukungan calon perseorangan, saat ini pada tahapan verifikasi administrasi di KPU sejak 27 Februari lalu, dan akan berlangsung hingga 25 Maret.

Untuk melakukan verifikasi faktual secara menyeluruh, jajaran pengawas di tingkat kecamatan telah merekrut PPL yang akan bertugas bersamaan dengan KPU.

Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansah mengatakan peran PPL sangat signifikan dalam verifikasi faktual yang akan berlangsung pada 26 Maret-15 April 2020.

Untuk mengoptimalkan fungsi pengawasan tersebut, jajaran Bawaslu Bandarlampung mengadakan Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Tahapan Pencalonan di Hotel Grand Praba, Kamis (5/3/2020).

“Pengawas pemilu bisa menyatakan bahwa yang bersangkutan, ketika ditemui tidak memenuhi unsur mendukung,  pengawas pemilu menuangkan dalam surat pernyataan bahwa yang bersangkutan tidak mendukung. Maka itu hal yang harus di-TMS-kan (Tidak Memenuhi Syarat) dengan teman-teman KPU,” kata Candrawansah.

Baca juga:  Bawaslu Ingatkan Netralitas ASN di Pilwakot Bandarlampung

PPL diminta melampirkan bukti foto dan keterangan tertulis apabila masyarakat yang diverifikasi tidak merasa memberikan dukungan pada calon perseorangan. (Josua)

Bawaslu Bandarlampung Pilkada 2020 Verifikasi Faktual

Posting Terkait

Tinggalkan pesan