214 Calon Mahasiswa Kuliah Gratis di Universitas Lampung

177 views

 

214 Calon Mahasiswa Kuliah Gratis di Universitas Lampung

Rektor Universitas Lampung Prof Hasriadi Mat Akin usai mengambil sumpah calon mahasiswa jalur PMPAP di GSG Unila, Jumat (9/8/2019). Foto: Buletin7.com

BULETIN7.COM, BANDARLAMPUNG – SEBANYAK 214 mahasiswa Universitas Lampung yang masuk lewat jalur PMPAP (Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan) Tahun 2019 diambil sumpah oleh Rektor Universitas Lampung, Prof Hasriadi Mat Akin.

Pengambilan sumpah berlangsung di Gedung Serba Guna Universitas Lampung, Jumat (9/8/2019).

Melalui PMPAP, Universitas Lampung memberikan kesempatan kepada pelajar SMA khusus Lampung yang tidak mampu secara ekonomi, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, dengan tidak mempertimbangkan prestasi akademik.

“Mahasiswa yang kita terima lewat PMPAP yang secara ekonomi kurang beruntung dan mereka diseleksi dari 2000-an calon. Artinya ini kan suatu kesempatan yang sangat luar biasa,” kata Hasriadi Mat Akin.

Dia berharap para mahasiswa ini dapat memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan sebaik mungkin sehingga dapat mengentaskan kemiskinan serta mengangkat harkat, dan martabat keluarga.

Pembiayaan pendidikan bagi mahasiswa PMPAP, murni ditanggung oleh anggaran Universitas Lampung sehingga mahasiswa yang diterima khusus pelajar asal Lampung.

“Karena dananya terbatas, dan setiap tahun persentasenya meningkat, tapi jumlah mahasiswanya tetap,” ujar Hasriadi.

Menurut Humas Penerimaan Mahasiswa Baru, M Komarudin, mahasiswa jalur PMPAP akan menempuh pendidikan selama 8 semester, jika lebih dari waktu yang ditetapkan maka mereka diwajibkan membayar UKT pada semester kesembilan.

Mereka menempuh pendidikan di 6 fakultas dari 8 fakultas yang tersedia di antaranya Fakultas Hukum, FKIP, Fakultas Pertanian, Fakultas Tehnik, FISIP, dan Fakultas MIPA.

“Selama menempuh pendidikan biaya akan ditanggung Unila, dan untuk biaya hidup ditanggung masing – masing oleh calon mahasiswa. Namun ke depannya Unila berencana untuk mencari orang tua asuh bagi mereka,” kata M Komarudin.

Baca juga:  Universitas Lampung Buka Program Pendidikan Spesialis

Hingga saat pengambilan sumpah, dari 214 calon mahasiswa yang diterima, sebanyak 202 orang telah melakukan registrasi. Sementara sisanya diberi tenggat waktu hingga 15 Agustus mendatang untuk segera melakukan registrasi.

“Saya meminta bagi calon mahasiswa yang mampu secara ekonomi dan lolos PMPAP diharapkan untuk mundur dan memberikan kesempatan bagi yang tidak mampu,” tutup M Komarudin. (*)

Jalur PMPAP Universitas Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait